SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI, JASA PEMBUATAN KALIGRAFI. CONTACT PERSON: 085281882685
”Kaligrafi bagi penguasa adalah perhiasan bagi orang kaya adalah kesempurnaan; bagi orang miskin adalah kekayaan".

Jumat, 01 Juni 2012

Seni dan budaya islam



seni dan budaya islam
Seni dalam islam Seni adalah keindahan. Seni merupakan ekspresi dari budaya dan pemikiran manusia yang menghasilkan keindahan. Islam dapat menerima semua hasil karya manusia selama sejalan dengan pandangan islam. Islam memiliki pandangan sendiri tentang keindahan. Kesenian yang ma’ruf merupakan budaya masyarakat yang sejalan dengan nilai-nilai islam. Karna dalam al-quran manusia diperintahkan menjalankan yang ma’ruf dan mencegah yang munkar. Islam sangat menghargai kreasi manusia selama kreasi tersebut sejalan dengan fitrah manusia sebagai umat islam. Pengertian Seni Secara UmumSeni Adalah sebuah karya yang indah dan bila dinikmati akan merasakan sesuatu,. Sebuah keindahan yang tercipta dari hati, dan juga kerja keras yang menghasilkan sesuatu yang akan dikenang. Allah sangat menyukai keindahan, maka dari itu seni sangat berpengaruh kepada keindahan. Tetapi dalam era ini banyak sesuatu yang tidak patut di expose malah menjadi seni. Banyak seniman yang malah membuat karya seni yang tidak patut dan membuka aib. Seperti halnya film yang mempertontnkan aurat dan melakukan zina, seperti itu apakah seni?? Banyak yang bilang itu seni tetapi tidak dalam pandangan islam. Mereka bilang itu indah tetapi islam bilang itu musibah. Mengapa? Karena itu merupakan perbuatan zina dalam bungkus yang lain.. dan era ini anak-anak kecil pun juga menikmati karya seni yang seperti itu.. Perkembangan seni dalam islam. Islam itu merupakan agama yang penuh dengan keindahan dan seni. Sebagai contoh Al qur an, Al qur an berisi hal yang tak terduga dan tak ternilai.. Sajak- sajak dalam Al qur an pun sangat indah bahkan penyair islam pun tak dapat membuat syair yang sebegitu indah. Islam banyak mengandung seni seperti halnya kaligrafi, tulisan-tulisan arab yang dirangkai dan dibentuk sedemikian rupa dan menjadi hal yang indah. Dan tak banyak orang yang dapat membuat karya yang sngat indah.
Perkembangan seni dalam islam sampai era ini pun masih terkenal dengan kaligrafinya yang indah.
gb. Kaligrafi islam Dalam arsitektur islam juga terkenal dengan pengaturan geometri yang luar biasa.. dari zaman dahulu umat islam dalam segi bangunan sudah menggunakan konsep geometri yang menghasilkan bangunan yang indah. Zaman dahulu ketika bangsa eropa masih menggunakan prinsip persegi dalam penerapan bangunan, islam sudah menerapkan sistem geometri dan aritmatika yang menghasilkan bangunan yang indah dengan sistem lingkaran dan bola, dengan kaligrafi yang ada dalam setiap sisi bangunan yang membuat terasa sangat indah.gb. Doom of rock Media pusat kebudayaan dalam islam. Dalam kebudayaan islam sangat kental dengan bangunan. Media dalam kebudayaan ini bisa di bilang masjid karena di dalam masjid perbedaan itu terasa tidak ada. Semuanya sama. Dalam islam kebudayaan lebih ke arabian, dalam islam juga di junjung tinggi keindahan, keimanan, cinta, damai, serta kasih sayang. Tetapi pada saat ini hal itu sepertinya sudah tidak lagi. Mungkin karena kurang tepat memberi pengertian sehingga banyak terjadi hal yang tiodak di inginkan.
Dalam islam masyarakat sangat berbudaya, itu bisa terlihat dari segi bangunan cara berkomunikasi, ekonomi, hukum dsb.
      
DEFINISI KEBUDAYAAN & KEBUDAYAAN ISLAMKebudayaan adalah suatu totalitas kegiatan manusia yang meliputi kegiatan akal hati dan tubuh yang menyatu dalam suatu perbuatan. Karena itu secara umum, kebudayaan dapat dipahami sebagai hasil olah akal, budi, cipta rasa, karsa dan karya manusia yang tidak lepas dari nilai kemanusiaan.
Kebudayaan adalah milik khas manusia, bukan ciptaan makhluk hidup yang lain contohnya binatang atau tumbuhan yang tidak mempunyai akal budi. Kebudayaan adalah bentuk dari perwujudan segala aktifitas manusia sebagai upaya untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Kebudayaan merupakan dari ide, pemikiran, gagasan, nilai nilai, norma norma dalam bentuk tindakan dan karya. Dari banyak definisi di atas, kebudayaan dapat diambil intisarinya bahwa kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil cipta , karsa dan rasa manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara belajar, yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Pengertian Kebudayaan dalam islam dapat disimpulkan sebagai hasil, olah akal, budi, cipta rasa, karsa dan karya manusia yang terkait dalam nilai kemanusiaan dan aktifitas manusia untuk memenuhi kehidupannya yang berlandaskan atas nilai nilai tauhid. hasil, olah akal, budi, cipta rasa, karsa dan karya manusia telah terseleksi oleh nilai nilai kemanusian yang bersifat universal berkembang menjadi sebuah peradapan.
PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAM Kebudayaan islam akan terus berkembang, tidak akan pernah berhenti selama masih ada kehidupan imurmanusia. Sejak dahulu hingga sekarang persebaran agama islam terus meningkat. Yang mana pada tahun ±100 M agama islam berpusat di arab dan penyebarannya sangat pesat melingkupi Asia timur. Dan sekarang penyebarannya sudah ke berbagai pelosok dunia. Perkembangan kebudayaan islam sendiri sebagaimana sudah tercantum semuanya didalam kitab suci AL-Qur’an. Pada dasarnya Islam adalah agama yang tidak sama sekali menuntut paksaan. Tetapi tidak sedikit orang menilai Islam adalah agama paksaan. Padahal di dalam islam banyak seni dan budaya yang sangat menunjang bagi penganut agama Islam. Seperti pergi ke tanah suci Mekkah. Tidak hanyak panggilan Allah saja, orang orang yang pergi ke tanah suci Mekkah juga menganggap itu sebagai budaya. Karena setiap tahun di berbagai Negara sudah semestinya pergi ke tanah suci Mekkah.
Pada jaman dahulu ( jamab Jahiliyyah ), Islam sangatlah lemah. Dan di tanah suci Mekkah masih banyak orang orang tidak mematuhi atau menantang perintah Allah dan para Nabi. Bagaimana tidak, pada jaman itu banyak manusia yang tidak segan segan memakan saudaranya sendiri dan banyak manusia yang berfoya foya atau bermabuk mabukkan. Tetapi pada jaman sekarang budaya islam sudah berubah, karena di jaman sekarang manusia tidak lagi melakukan hal hal seperti itu. Dan sekarang manusia sudah patuh terhadap perintah tuhan dan para RasulNya. 
 Kebudayaan islam terhadap peradaban Kebudayaan merupakan perbuatan manusia yang biasa dilakukan sehari-hari dalam suatu komunitas yang meliputi kegiatan akal fikiran , hati, dan tubuh. Secara umum kebudayaan dapat dipahami sebagai hasil dari kegiatan akal , karya, budi, cipta rasa yang tidak akan mungkin lepas dari nilai-nilai kemanusiaan tetapi bisa jadi lepas dari nilai-nilai ketuhanan. Dalam islam, kebudayaan diciptakan dari perbuatan manusia yang berdasarkan pada tauhid. Hasil olah akal, budi, rasa, dan karsa manusia yang yang telah terseleksi secara nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal dan berkembang menjadi sebuah peradaban.
Dalam perkembangan sebuah nilai-nilai kemanusiaan dalam islam berlandaskan kepada tauhid dan al-Quran serta sunnah Rasullallah s.a.w. agar tidak terjerumus pada kesesatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Karena itu, perkembangan sebuah kebudayaan juga berkaitan dengan agama. Allah s.w.t mengutus nabi Muhammad s.a.w untuk membimbing manusia berlandaskan kepada al-quran menciptakan peradaban yang islami yang sesuai dengan nilai-nilai ketuhanan yang di wujudkan dalam perbuatan umat islam namun tidak mengesampingkan nilai-nilai kemanusiaan. Karakteristik kebudayaan islam :
1. Rabbaniyah. Adalah kebudayaan yang bernuansa ketuhanan
2. Akhlaqiyah. Akhlak merupakan landasan kita umat islam untuk melakukan setian perbuatan
3. Insaniyah. Berhubungan dengan sesama manusia. Islam mengajarkan tentang menghormati, menghargai serta menyayangi sesama manusia. Kebudayaan islam membuktikan bahwa Allah s.w.t. sangat memuliakan makhluknya teutama manusia.
4. Alamiyah.
5. Tasamuh. Islam tidak mewajibkan orang non islam yang hidup dalam naungan kebudayaan islam untuk menjalankan syariat islam
6. Tanawwu’. Islam merukapak asama universal yang tidak hanya mengatur tantang satu aspak manusia saja, namun islam mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari hubungan manusia dengan Allah sampai hubungan antar sesama manusia.
7. Wasathiyah. Berarti pertengahan , pertengahan antara berlebihan dan kekurangan, antara hak dan kewajiban, antara jasmani dan rohani, anatara kepentingan pribadi dan kepentingan bersama antara dunia dan akhirat
8. Takamul atau terpadu, yaitu terpadu dan saling mendukung antara kebudayaan islam yang satu dengan kebudayaan islam yang lain. Karena islam tersebar di seluruh dunia sehingga terdapat bermacam-macam kebudayaan islam di sunia ini, namun tetap berlandaskan tauhid.
9. Bangga terhadap diri sendiri , dimaksudkan bangga adalah bangga terhadap budaya-budaya islam yang sudah ada, tanpa mengurangi atau menambah sedikitpun kebudayaan yang sudah ada jika perubahan tersebut tidak lebih baik dari kebudayaan yang sudah ada
Prinsip-prinsip Kebudayaan dalam Islam. Kebudayaan dalam islam adalah suatu kebudayaan manusia yang nilia-nilai budaya dan nilai-nilai normanya sesuai dengan nilai-nilai dan norma islam. Oleh sebab itu prinsip-prinsip kebudayaan islam juga sesuai dengan nilai-nilai dan norma islam. Prinsip-prinsip kebudayan dalam islam adalah sebagai berikut.
1. Menghormati akal. Manusia dengan akalnya bisa membangun kebudayaan baru. Oleh karena itu kebudayaan islam menempatkan akal pada posisi yang terhormat. Kebudayaan islam tidak akan menampilkan hal-hal yang dapat merusak akal manusia. Prisip ini diambil dari Q.S. Ali Imron: 190-191.
2. Memotivasi untuk menuntut dan meningkatkan ilmu. Kerena dengan meniningkatnya ilmu seseorang, maka dengan sendirinya kebudayaan islam akan semakin maju. Prinsip ini diambil dari Q.S. Al-Mujadalah: 11
3. Menghindari taklid buta. Kebuyaan islam hendaknya menghantarkan umat manusia untuk tidak menerima sesuatu sebelum ditrliti, tidak asal mengikuti orang lain tanpa tahu alasanya, walaupun dari ibu-bapak maupun nenek moyangnya sekalipun. Prinsip ini diambil dari Q.S. Al-Isra: 36
4. Tdak membuat pengrusakan. Kebudayaan islam boleh dikembangkan seluas-luasnya oleh manusia, namun tetap harus memperhatikan keseimbangan alam agar tidak menimbulkan kerusakan di muka bumi ini. Prinsip ini diambil dari Q.S. Al-Qashash: 77
Nilai-nilai Islam dalam Budaya Indonesia. Di Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau dan lautan oleh karena itu bangsa Indonesia memiliki banyak suku dan budaya. Oleh karena itu budaya berpakaian, cara makan dan lain-lainya yang dikenakan oleh umat Islam boleh saja bebeda dengan yang dikenakan oleh Nabi SAW. Esensinya ajaranya adalah segala sesuatu jangan berlebih-lebihan. Dalam pekmbangan dakwah islam di Indonesia, para penyiar agam mendakwahkan ajaran Islam melalui bahasa budaya, sehingga masyarakat lebih mudah untuk menerima dan memahami ajaran Islam tersebut. Seperti yang dilakukan oleh para wali di tanah jawa. Mereka mampu mengemas ajaran Islam dalam bahasa budaya setempat sehingga masyarakat tidak sadar bahwa nilai-nilai Islam telah masuk dan menjadi tradisi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Bahkan nilai-nilai Islam tersebut sudah mnjadi bagian dari kebudyaan masyarakat sehingga tidak bisa dipisahkan dari kebuayan masyarakat. Seperti dalam upacara serta kegiatan adat lainya sertadalam bahasa sehari-hari. Bahkan bahasa arab banyak diserap ke dalam bahasa daerah dan basaha Indonesia baku.

0 komentar:

Poskan Komentar